Melakukan Scan Virus di cPanel

Keamanan pada sebuah Website merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah terhindarnya File-File yang terindikasi sebagai Virus berada di Hosting kita. Namun kebanyakan dari kita mengabaikan hal yang kecil seperti ini padahal sangat penting bagi kita untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala file-file apa saja yang terjangkit virus di Hosting. Kebanyakan Virus yang sering kami temukan pada sebuah akun Hosting adalah PHPSHELL, Trojan dan Heuristic.HTML.Dropper.

Bagaimana cara melakukan Scan Virus pada akun hosting kita? Tentunya sangat mudah karena di setiap Hosting sudah di sediakan Fitur Virus Scanner pada Menu Advanced. Berikut ini adalah langkah-langkah yang akan saya berikan kepada anda:

  1. Login ke Akun cPanel anda.
  2. Klik Virus Scanner

    Anti Virus CPanel

  3. Kemudian centang “Scan Entire Home Directory “
  4. Proses Scanning akan berjalan pada akun anda

    Proses Scaning

  5. Pada gambar pada langkah ke 4 Terlihat ada beberapa File yang terinfeksi Virus dan jika proses scan virus sudah selesai maka nantinya kita akan di berikan informasi seperti berikut ini: “Virus Scan Complete.  6 infected files found” (Klik OK)
  6. Kemudian kita akan diberikan 3 Pilhan untuk melakukan eksekusi pada file yang terinfeksi virus, di antaranya: Quarantine     Destroy dan IgnorePilihan Scan

Seperti gambar yang di atas maka kita Klik Select All pada Option Destroy, kemudian klik Process Cleanup untuk menghapus File terinfeksi virus. Demikianlah tutorial singkat Melakukan Scan Virus di cPanel, Semoga berguna.

 

 

 

 

  • 6 Users Found This Useful
Was this answer helpful?